Contoh Kalimat Aktif dan Pasif Present Perfect Tense

Contoh Kalimat Aktif dan Pasif Present Perfect Tense

Dalam bahasa Inggris terdapat banyak pola atau susunan kalimat salah satunya adalah Present Perfect Tense yang dengan melihat contoh kalimat aktif dan pasif Present Perfect Tense akan sangat membantu memahaminya. Present Perfect Tense pada dasarnya sudah merupakan turunan dari pola – pola kalimat yang lain sehingga memang bentuknya atau susunannya terasa cukup rumit untuk dipahami. Namun dalam mendalami dan mempelajari bahasa Inggris tentu sangat penting untuk bisa mengerti dan membedakan pola – pola kalimat yang ada untuk kemudian menggunakannya secara tepat dan sesuai. Jadi sebelum lebih jauh lagi dalam hal contoh – contoh dari Present Perfect Tense ada baiknya untuk memahami dasar – dasarnya terlebih dahulu.

Pengertian Present Perfect Tense

Pada dasarnya pola atau susunan kalimat dalam bahasa Inggris yang satu ini menggambarkan sebuah kejadian atau keadaan yang sudah terjadi atau sudah mulai terjadi dan masih berlangsung sampai saat ini. Oleh karena itu namanya melibatkan Present yang merujuk pada saat ini atau masih berlangsung. Namun juga ada unsur Perfect yang berarti menunjukkan sudah terjadinya sesuatu. Dari namanya terdengar sebagai sebuah kontradiksi namun begitulah adanya untuk menunjukkan kejadian yang sudah dan masih terjadi dalam bahasa Inggris. Contoh sederhananya adalah He has worked in Jakarta since August. Maksudnya adalah bahwa dia sudah bekerja di Jakarta dari bulan Agustus yang tentu masih berlanjut sampai saat ini.

Rumus Present Perfect Tense

Dalam memahami pola kalimat Present Perfect Tense beserta contoh kalimat aktif dan pasif Present Perfect Tense nantinya rumus dasar dari pola tersebut sangat penting dipelajari. Secara mendasar yang perlu diperhatikan adalah digunakannya past participle atau bentuk ketiga dari kata kerja dalam bahasa Inggris. Kemudian digunakan juga have dan has sebagai auxiliary verb yang menyesuaikan subjeknya. Rumus dasarnya adalah sebagai berikut:

  • Kalimat positif: S + have/has + verb 3
  • Kalimat negatif: S + have or has + not + verb 3
  • Kalimat tanya: have/has + S + verb 3

Penggunaan have adalah untuk subjek I, We, You, dan They sedangkan has digunakan untuk subjek He, She, dan It. Kemudian untuk verb 3 atau past participle itu sendiri juga dibedakan sesuai kata kerjanya yaitu kata kerja beraturan dan kata kerja tak beraturan. Kata kerja beraturan tentu bentuk ketiganya menggunakan tambahan d/ed sedangkan untuk kata kerja tidak beraturan bentuknya berbeda – beda. Berikut ini adalah contoh – contoh kalimat dalam Present Perfect Tense berdasarkan pola – pola dasarnya tersebut:

  • They have lived in Yogyakarta for a really long time. (kalimat positif)
  • They have not lived in Yogyakarta for a really long time. (kalimat negatif)
  • Have they lived in Yogyakarta for a really long time? (kalimat tanya)
  • He has watched the TV for hours. (kalimat positif)
  • He has not watched the TV for hours. (kalimat negatif)
  • Has he watched TV for hours? (kalimat tanya)

Contoh dan Fungsi Present Perfect Tense

Dalam bagian ini nantinya akan ada contoh kalimat aktif dan pasif Present Perfect Tense karena memang juga seperti dalam pola kalimat yang lain ada kalanya diperlukan menggunakan kalimat pasif atau passive voice. Pada dasarnya hanya dibutuhkan sebuah proses membalikkan susunanya den melakukan sedikit penyesuaian agar menjamin maksud yang ingin disampaikan tetap tersampaikan dengan semestinya.

Untuk bisa lebih memahami perbedaan antara kalimat aktif dan kalimat pasif dari pola Present Perfect Tense, berikut ini adalah perbedaan rumus dasarnya:

  • Kalimat Aktif: S + have/has + verb 3 + direct object
  • Kalimat Pasif: S (direct object) + have/has + been + verb 3 +/- by (agent)

Selanjutnya setelah mengetahui rumus dasar dari bentuk aktif dan pasif dari Present Perfect Tense maka perlu dipahami beberapa contoh kalimat aktif dan pasif Present Perfect Tense sebagai berikut:

  • She has prepared good materials for the hearing. (aktif)
  • Good materials have been prepared for the hearing. (pasif)
  • We have received your inquiry. (aktif)
  • Your inquiry has been received. (pasif)
  • My older brother has just given some money to my mother. (aktif)
  • Some money has just been given to my mother. (pasif)

Dalam hal fungsi, kalimat bahasa Inggris yang menggunakan pola Present Perfect Tense ini memiliki beberapa fungsinya. Salah satunya seperti yang disebutkan dalam bagian pengertian bahwa pola kalimat ini adalah untuk menyebutkan sesuatu yang sudah mulai terjadi di masa lampau namun masih berlanjut sampai saat ini. Contohnya adalah She has studied in London since a year ago. Kalimat tersebut menyatakan bahwa dia saat ini masih sekolah di London yang sudah dilakukannya sejak satu tahun silam.

Fungsi berikutnya adalah untuk sekedar menyampaikan tentang kejadian di masa lalu yang sudah selesai namun masih ada dampaknya sampai saat ini. Contohnya adalah I have tried the coffee. Kalimat tersebut menandakan bahwa subjek sudah selesai meminum kopi yang dimaksud jadi kejadiannya sudah selesai. Namun rasa dari kopi itu tentu masih bisa diingat oleh subjek sehingga memang efek atau dampaknya masih bisa dirasakan sampai saat ini.

Selanjutnya pola Present Perfect Tense bisa digunakan untuk menekankan bahwa sebuah kejadian di masa lalu mengalami pengulangan dalam prosesnya. Contohnya adalah I have watched the movie three times. Dalam kalimat tersebut disebutkan bahwa subjek sudah menonton film yang dimaksud sebanyak 3 kali yang berarti apa yang sudah dilakukan tersebut tidak hanya satu kali saja.

Kemudian fungsinya yang lain adalah untuk menyampaikan sesuatu yangsudah terjadi namun dalam kurun waktu belum lama ini. Contohnya adalah My mother has just bought a new phone. Dalam kalimat tersebut dinyatakan bahwa ibu membeli sebuah telepon yang mana kejadian tersebut baru saja terjadi karena diindikasikan dengan penggunaan just dalam kalimatnya. Selain just bisa juga digunakan recently serta lately untuk menunjukan fungsi yang satu ini. Contohnya adalah I have bought too many books recently serta bisa juga I have been too lazy lately.

Dalam memahami pola kalimat yang ada dalam bahasa Inggris triknya adalah untuk mengingat fungsii dasarnya. Sebagai contoh Simple Present digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang sedang terjadi. Nah dalam Present Perfect Tense yang perlu diingat adalah adanya penggabungan antara waktu lampau dan saat ini. Kedua hal itu sudah bisa membantu menghafal rumus dasar dari pola kalimat ini termasuk juga dalam bentuk pasifnya. Memahami penggunaan dari pola kalimat ini untuk fungsi – fungsi yang berbeda melalui berbagai contoh termasuk contoh kalimat aktif dan pasif Present Perfect Tense seperti yang sudah disebutkan tadi akan sangat membantu membiasakan diri mengenali kalimat – kalimatnya dengan mudah.

Promo Kampung Inggris

Baca Juga : 

 

Kampung Inggris Search :

  • contoh kalimat present perfect tense aktif dan pasif
  • contoh kalimat active dan passive present perfect
  • contoh kalimat present perfect aktif dan pasif
  • contoh kalimat aktif dan pasif present perfect
  • contoh kalimat pasif present perfect
Share: