Kata Kerja Bahasa Inggris dan Jenisnya

Kata Kerja Bahasa Inggris dan Jenisnya

Kata Kerja Bahasa Inggris dan Jenisnya

Apabila kamu sedang mencari macam-macam kata kerja Bahasa Inggris dan Jenisnya, maka kamu datang ke tempat yang tepat. Bahasa Inggris merupakan salah satu Bahasa yang paling sering digunakan di dunia. Bahasa ini sudah menjadi cukup universal, dimana berbagai negara menggunakan Bahasa ini untuk bisa berkomunikasi dengan satu sama lain. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mempelajari dan mengetahui dasar-dasar dari Bahasa Inggris.

Komponen yang Dipelajari dalam Bahasa Inggris

Di dalam Bahasa Inggris sendiri, ada berbagai hal yang perlu dipelajari. Untuk bisa menguasai dasar-dasar dari Bahasa Inggris, kamu harus mempelajari beberapa hal seperti grammar dan tenses. Kamu juga harus mempelajari Bahasa Inggris secara reading maupun listening. Selain itu, kamu juga harus mengetahui berbagai kosakata yang ada di dalam Bahasa Inggris, baik kata sifat maupun kata kerja. Nah, kata kerja tersebut adalah yang akan kita bahas lebih lanjut lagi.

Apa itu Kata Kerja dalam Bahasa Inggris?

Sebelum mempelajari lebih lanjut mengenai kata kerja, kamu harus mengetahui arti dari kata kerja sendiri, terutama dalam konteks Bahasa Inggris. Nah, kata kerja merupakan kata-kata yang digunakan untuk memberikan pernyataan mengenai suatu tindakan, keadaan, atau kejadian. Kata kerja merupakan komponen utama dari predikat suatu kalimat. Di dalam Bahasa Inggris, kata kerja disebut juga sebagai verb.

Kata kerja merupakan salah satu komponen yang paling penting di dalam Bahasa Inggris karena akan selalu digunakan dalam percakapan sehari-hari. Tanpa menguasai arti dari berbagai kata kerja di dalam Bahasa Inggris, maka kamu tentunya akan kesulitan dalam berbahasa Inggris. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mengetahui berbagai kata kerja Bahasa Inggris dan Jenisnya.

Jenis-Jenis Kata Kerja dalam Bahasa Inggris

Setelah dipelajari lebih lanjut, ternyata kata kerja di dalam Bahasa Inggris dikategorikan lagi menjadi beberapa jenis. Tiap jenis kata kerja tersebut juga memiliki fungsinya masing-masing. Berikut adalah beberapa jenis kata kerja di dalam Bahasa Inggris yang perlu kamu ketahui.

Kata Kerja Auxiliary

Jenis kata kerja pertama adalah kata kerja Auxiliary atau kata kerja aux. Kata kerja ini digunakan dalam sebuah kalimat dalam rangka menambahkan fungsi dari sebuah kata kerja. Penggunaan kata kerja aux di dalam sebuah kalimat bertujuan untuk memodifikasi makna dari kata kerja yang digunakan di dalam kalimat tersebut. Inilah mengapa kata kerja aux tentu digunakan bersamaan dengan penggunaan sebuah kata kerja utama.

Untuk membantu kamu memahami lebih lanjut, kami akan memberikan contoh. Contohnya, dalam sebuah kalimat “they have done their job well” yang berarti “Mereka sudah melakukan pekerjaan mereka dengan baik”. Kalimat tersebut memiliki kata kerja utama berupa “Do” (melakukan). Kata kerja aux dari kalimat tersebut ialah “Have” Sudah.. Nah, kata kerja aux di dalam kalimat tersebut berfungsi memodifikasi kata kerja utama sehingga kalimat tersebut memiliki arti bahwa “Mereka”, sebagai subjek.

Kata kerja lain yang termasuk di dalam kata kerja auxiliary antara lain be, can, do, must, shall, would, could, might, dan lain sebagainya. Kata-kata kerja tersebut akan membantu kamu dalam memodifikasi sebuah kata kerja utama.

Kata Kerja Finite

Kategori kata kerja lain dari jenis ialah kata kerja finite. Kata kerja ini merupakan kata kerja yang memiliki subyek. Fungsi dari kata kerja finite adalah menjadi inti dari sebuah klausa yang independen. Klausa independen merupakan gabungan dari beberapa kata yang bisa berfungsi layaknya kalimat yang utuh. Jadi, kamu tidak membutuhkan kalimat pendukung lain untuk bisa memahami arti dari gabungan kata tersebut.

Contoh paling mudah dari kata kerja finite adalah pada kalimat “He jogs every afternoon”. Nah, di dalam kalimat ini, “jogs” merupakan kata kerja finite. Tanpa objek yang perlu ditambahkan dalam kalimat tersebut, orang-orang sudah paham akan arti dari kalimat tersebut.

Kata Kerja Transitive

Jenis kata kerja berikutnya ialah kata kerja transitive. Berbeda dengan kata kerja finite, kata kerja transitive memerlukan objek dalam penggunaannya supaya kalimat yang terbentuk menjadi masuk akal. Tanpa penambahan objek, kalimat yang menggunakan kata kerja transitive tidak akan memiliki makna yang jelas.

Sebagai contoh, coba perhatikan pada kalimat “I play a game”. Di dalam kalimat tersebut, kata “play” merupakan kata kerja transitive. Objek dari kalimat tersebut ialah “a game”. Apabila objek dalam kalimat tersebut dihilangkan, maka kalimat yang terbentuk menjadi tidak jelas dan tidak masuk akal.

Kata Kerja Intransitive

Kata kerja intransitive pada dasarnya merupakan kebalikan dari kata kerja yang telah kita bahas sebelumnya, yakni kata kerja transitive. Kata kerja transitive membutuhkan objek dalam kalimat untuk menjadikannya lebih masuk akal. Namun, kata kerja intransitive tidak membutuhkan objek dalam kalimat. Tanpa keberadaan objek dalam kalimat, kata kerja ini sudah bisa memiliki arti yang cukup jelas.

Contohnya, pada kalimat “She is laughing”. Kata “laughing” dalam kalimat ini adalah kata kerja intransitive. Tanpa keberadaan objek, kalimat ini sudah bisa dipahami dengan baik.

Kata Kerja Regular dan Irregular

Jenis kata kerja berikutnya dalam kategori kata kerja Bahasa Inggris dan Jenisnya ialah kata kerja regular dan irregular. Kata kerja regular memiliki arti kata kerja yang mengikuti pola kata dasarnya dalam hal konjugasi. Sebaliknya, kata kerja irregular ketika dikonjugasi akan memiliki pola kata dasar yang berubah pula.

Apabila kamu ingin membedakan antara kata kerja regular dan irregular, kamu tinggal melihat kata-kata kerja tersebut dalam bentuk past tense dan past participle. Pada kata kerja regular dalam bentuk past tense maupun past participle, kata kerja tersebut biasanya akan diakhiri dengan -en, -ed, -n, -d, -t, atau -ne. Sedangkan kata kerja irregular memiliki akhiran yang tidak tentu.

Untuk memudahkan kamu dalam memahami jenis kata kerja ini, kami akan memberikan beberapa contoh. Misalnya, kata “jump” atau “walk” ialah kata kerja regular. Hal ini disebabkan karena bentuk past tense mereka diawali dengan -ed, yakni “jumped” dan “walked”.

Contoh lain ialah kata “begin” dan “do” yang merupakan kata kerja irregular. Kedua kata tersebut merupakan kata kerja irregular karena ketika dibuat menjadi versi past tense, akhiran mereka tidak mengikuti pola kata dasarnya. Verb “begin” akan berubah menjadi “began”, sedangkan kata “do” akan menjadi “did”.

Kesimpulan

Bahasa Inggris merupakan salah satu Bahasa yang cukup penting untuk dikuasai. Ada berbagai hal yang perlu kamu pelajari apabila kamu ingin menguasai Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari kamu. Salah satu hal penting yang perlu kamu pelajari adalah kata kerja di dalam Bahasa Inggris. Apabila kamu sudah bisa menguasai Dan memahami kata kerja Bahasa Inggris dan Jenisnya, maka kamu tidak akan kesulitan dalam mempelajari Bahasa Inggris.

Baca Juga :

Baca Artikel Tentang Materi Belajar Bahasa Inggris Lainya Melalui Web kami :

https://parekampunginggris.or.id/

Kampung Inggris Search :

  • kata kerja bahasa inggris
  • kata kerja dalam bahasa inggris
  • irregular verb dan artinya
  • kata kerja tidak beraturan
  • kata kerja beraturan
  • transitive verb
  • jenis kata kerja dalam bahasa inggris
  • jenis kata kerja bahasa inggris
Share: